Ketika anak tidak patuh tentu orang tua akan merasa kecewa dan kawatir karena takut salah dalam mendidik.Apalagi saat orang tua capek dalam membersikan rumah, atau habis pulang kerja.

Tentu keinginan orang tua adalah anak manjadi patuh dan nutur akan nasehat orang tua dan bisa di arahkan dengan baik. Bisa jadi orang tua akan memilih keras kepada anak dan memberi ancaman biar anak nurut dan patuh. Padahal hal itu tidak baik .

Ancaman yang diberikan kepada anak akan membuat anak patuh sementara waktu, setelah itu anak akan menjadi kasar dan justruk malah mengecewakan orang tua

Melakukan ancaman kepada anak bisa di anggap sebuah ketidakwajaran, dan ini akan mengganggu psikologis anak dan orang tua harus memiliki strategi lain tanpa harus memberi ancaman. Orang tua harus terus menerus meningkatkan perhatian khusus kepada anak

Oleh karena itu ada tisp agar anak menjadi patuh pada orang tua diantaranya yakni

4 Tips Melatih Anak Patuh Pada Orang Tua

1. Memberikan Pilihan

Sejak dini anak diberikan pilihan yang terbaik untuk anak bisa bertanggungjawab, terhadap apa yang dipilih dan ini akan menjadikan anak lebih dewasa untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri secara mandiri.

Memberikan Pilihan terhadap apa apa yang dikehendaki anak, tanpa menekan akan membangun kepercayaan. Dan pilihan anak terkadang juga tidak sama dengan orang tua, hal ini tentu akan memicu perdebatan dengan berbagai pertimbangan. Nah jika ini terjadi anda sebagai orang tua harus memberi kebebasan dalam memilih, beri kesempatan anak menentukan pilihannya biar dia bertanggungjawab dan dapat menunjukkan kedisiplinan nya , melatih anak mandiri juga .

2. Memberikan Batasan

Memberi batasan dalam hal ini anak harus paham akan tugasnya dan tau apa yang akan dilakukan selanjutnya. Jadi apa yang dikerjakan harus ada durasi waktu sehingga anak lebih disiplin.

Dan batasan yang dimaksud adalah setiap kegiatan dan juga pekerjaan yang dilakukan anak tentu akan memakan waktu dan juga durasi waktu yang seharusnya.

3. Menerapkan Aturan

Membuat aturan adalah hal yang baik untuk bisa lebih tegas membuat anak paham akan tugas tugasnya.

Aturan yang sudah disepakati sejak awal sampaikan dengan baik dan penuh kasih sayang,Memberi penjelasan tentang aturan atura yang harus di pahami anak dan dikerjakan harus dengan sepenuh hati, agar anak mengerti akan kewajibannya sebagai anak .

Sesudah dibuat aturan anak akan bersikap disiplin dalam menjalankan tugas.

4. Memberi Hadiah

Ada saat orang tua memberi hadiah pada anak saat anak sudah melakukan pekerjaannya dengan baik, atau saat anak mendapatkan prestasi sehingga anak akan merasa senang dan lebih bersemangat serta patuh pada orang tua.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena mengingat hadiah itu juga termasuk bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya, agar terjalin ikatan hati yang harmonis, dan kesadaran diri pada anak bahwa orang tuanya sangat sayang kepada dia.

Nah Teman teman itu tadi beberapa penjelasan tips menjadikan anak nurut terhadap orang tua. Saat ini banyak sekali kita jumpai anak durhaka kepada anak, menginggat perkembangan teknologi manjadikan anak semakin mengenal media HP dan mereka lebih memilih HP dari pada mendengarkan orang tuanya.Hal ini sudah sering kita dijumpai dan bahkan saat ini banyak kendala orang tua apalagi anak melakukan daring saat belajar yang mau tidak mau harus menggunakan HP. Semoga Artikel ini Bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *